Jumat, 12 Juni 2009

Tips kreatif agar anak gemar merawat gigi.


Tips kreatif agar anak gemar merawat gigi.

Peran orangtua sangat penting untuk mengajarkan anak gemar merawat gigi sejak dini dengan baik. Karena Perawatan gigi dan mulut lebih maksimal jika dilakukan sejak usia 1 tahun. biasanya anak malas atau enggan menyikat giginya.

Untuk mengatasi kemalasan dan keengganan anak menyikat giginya, dibutuhkan cara kreatif agar anak-anak mulai menyukai kegiatan menyikat gigi dan membiasakan perawatan gigi dan mulut secara efektif.

Berikut beberapa tips dari Pepsodent yang bisa diterapkan pada anak anda…

1-Pilihlah pasta gigi favorit si kecil. Berikan pasta gigi dengan rasa kegemarannya seperti strawberry dan orange agar kegiatan menyikat gigi semakin menyenangkan bagi si kecil. Jangan lupa ajarkan anak untuk tidak menelan pasta giginya dan berkumur setelah menggosok gigi.

2-Tempat yang asyik. Jadikan tempat aktivitas menyikat gigi semenarik mungkin agar si kecil senang dan nyaman. Sebagai contoh alternatif, hiasi cermin dan wastafel dengan warna kesukaannya atau karikatur favoritnya. Ajaklah dia sikat gigi bersama sambil bercermin, pada kesempatan itu, ajarkan bagaimana cara tepat menyikat gigi.

3-Hari sikat gigi keluarga. Cara satu ini membutuhkan partisipasi seluruh anggota keluarga, dimana satu kali dalam sehari seluruh anggota keluarga wajib melakukan kegiatan sikat gigi bersama. Agar tidak bosan, iringi sikat gigi bersama keluarga ini dengan musik yang ceria ataupun favorit keluarga anda. Akan sangat baik jika moment sikat gigi bersama ini dilakukan tepat sebelum tidur malam. Selain merupakan waktu sikat gigi yang paling efektif, moment inipun bisa dijadikan ritual baru antara orangtua dan anak seperti ritual dongeng sebelum tidur.

Untuk memberikan motivasi agar rutin menyikat gigi, setiap kali anda mengajak si kecil menyikat gigi, berikan box atau dompet special berisikan sikat gigi, gelas, handuk kecil yang menarik. Atau temakan sesuatu seperti warna atau tokoh kartun idola.

Selingi sesi dongeng malam hari si kecil dengan mini operet menggunakan boneka koleksinya atau buatan anda sendiri. Salah satu ide cerita, tentang keluarga kuman yang senang tinggal di mulut yang kotor dan penuh sisa makanan. Karena banyak kuman, gigi akan sakit dan ngilu karena keluarga kuman yang suka sekali menggerogoti gigi.

Kualitas generasi penerus bangsa yang baik bisa dididik sejak dini. Sama halnya merawat gigi sejak dini harus dilakukan dengan waktu dan cara yang benar agar tumbuh kebiasaan yang baik di kemudian hari.

Sumber : kasturi-mawardah.blogspot.com

Tidak ada komentar: