Kamis, 28 Juni 2012

Mencegah Anak Terlalu Lama di Depan Komputer

Mencegah Anak Terlalu Lama di Depan Komputer

[Internet Sehat]  Khawatir anak-anak kehilangan waktu bermain di luar bersama teman-teman dunia nyatanya? Ini bukan hal berlebihan, mengingat anak-anak masa kini lebih suka berlama-lama di depan komputer ketimbang bermain di halaman rumah.
Membatasi lamanya anak-anak berkomputer-ria adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Ini juga upaya membuat mereka tidak kecanduan teknologi, dan kehilangan hasrat untuk berinteraksi sosial secara langsung di dunia nyata.  Setidaknya sejak kecil mereka sudah terbiasa untuk membagi waktu antara kehidupan dunia maya dan dunia nyata.
Berikut adalah acuan yang bisa dipakai dalam pembatasan waktu untuk anak-anak sesuai usia mereka:
  • Bayi, atau usia 1-2,5 tahun:
Sudah cukup banyak orang tua yang memperkenalkan komputer baik itu PC atau tablet pada anak usia ini. Biasanya karena orangtuanya juga banyak menghabiskan waktu dengan komputer. Idealnya anak usia ini cukup 10-15 menit saja sehari berkutat di depan komputer.
  • Usia pra sekolah, atau 2,5-5 tahun
Ini adalah usia anak mulai banyak bereksplorasi di dunia nyata. 30 menit saja sehari di depan komputer sudah cukup maksimal bagi mereka.
  • Usia Sekolah Dasar
Beri mereka waktu 30-45 menit sehari untuk bebas bermain dengan komputer, tapi selebihnya harus mengerjakan PR dengan komputernya jika memang sekolahnya sudah mengharuskan demikian. Begitu PR selesai, komputer dimatikan.
  • Usia SMP
Di luar kepentingan untuk membuat PR atau tugas sekolah, beri dia tdak lebih dari sejam saja sehari untuk bermain-main dengan komputer.  Tapi ada tambahan bonus di saat akhir pekan atau liburan, 1 jam lagi.
  • Usia SMA
Dua jam per hari di luar tugas sekolah rasanya sudah cukup.  Beri juga bonus 2 jam ekstra di hari libur.
Pembatasan waktu di depan komputer bisa dilakukan dengan memasang software seperti parental control. Atau bisa juga memakai sistem alarm yang sederhana.  Yang terpenting adalah anak paham mengapa orang tua membatasi waktu mereka.

[Internet Sehat] 
Sumber artikel: familyinternet.about.com / Sumber gambar: ehow.com

Tidak ada komentar: