Kamis, 28 Juni 2012

5 Trik Agar Mata Nyaman di Depan Komputer


[Internet Sehat]  Bekerja berjam-jam di depan komputer, sampai mata terasa perih? Dalam dunia medis, itu disebut sebagai Computer Vision Syndrome. Sindroma ini disebabkan oleh kombinasi dari cahaya monitor, tingkat kesilauan, dan lamanya kita menatap layar monitor. Biasanya kita butuh istirahat sejenak, mengalihkan perhatian atau memejamkan mata untuk meredamnya.
Ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mata tersiksa akibat bekerja lama di depan komputer:
1. Seimbangkan posisi monitor
Dengan posisi monitor yang seimbang, tidak miring, tak terlalu dekat atau jauh, akan membantu kenyamanan mata kita. Sebaiknya jarak monitor ke mata sekitar 20-30 inchi. Tinggi monitor juga idealnya setara dengan mata, sehingga kita tak perlu menunduk atau mendongak.
2. Batasi cahaya
Cahaya lampu yang terlalu banyak atau sinar matahari berlebihan memicu kelelahan mata. Kurangi cahaya di sekitar Anda, atur agar tak ada cahaya yang langsung menyorot monitor komputer, sebab pantulannya bikin mata silau.
3. Pakai aturan 20-20-20
Setiap 20 menit, temukan obyek dengaj jarak pandang 20 kaki, dan pandanglah selama 20 detik. Trik ini dapat melatih mata kita agar tidak terkespos sinar monitor terlalu lama. Bisa juga aktifkan reminder otomatis agar mata kita break sejenak setiap 20 menit dari menatap monitor. Pada Windows ada program BreakTaker, pada Mac ada program Time Out.
4. Pakai kacamata Gunnar
Sinar buatan dan sinar alami yang memantul pada monitor komputer membuat mata stres. Coba pakau kacamata Gunnar, yakni kacamata khusus yang biasa dipakai para pecandu games. Kacanama ini mampu mendinginkan cahaya yang dihasilkan monitor. Alat ini juga dapat memperbesar tampilan, sehingga memudahkan kita membaca teks. Tapi ini hanya berlaku bagi mereka yang tidak mengenakan kacamata biasa.
5. Atur meja
Terlalu banyak benda di meja Anda juga membuat letak keyboard dan monitor tidak sesuai harapan. Atur sedemikian rupa agar tak ada benda-benda menghalangi antara Anda dengan keyboard dan monitor komputer, agar jarak pandang lebih ideal untuk mata. 

[Internet Sehat]
Sumber artikel: cnet.com/ Sumber gambar: amit.sahrawat.in

Tidak ada komentar: