Senin, 27 April 2009

RENUNGAN BAGI ORANG TUA





Disampaikan oleh Bp. Nafik ( Direktur THE NAFF, A Creative & Fun School ) dalam acara Paret's day SD. Dapena Surabaya - yang didukung oleh PT. Otsuka Indonesia ( Pocari Sweat )

Tuhan Yang Maha Esa memberikan amanah bagi kita selalu orang tua berupa " Abak - Anak " yang sangat kita cintai. Sudah kewajiban bagi kita masing-masing sebagai orang tua yang diberikan amanah untuk menjaganya, membesarkannya, mendidiknya, memberikan bekal agar suatu saaat kelak anak-anak kita tersebut menjadi pribadi-pribadi yang tangguh, beriman serta bertaqwa pada Tuhan YME. Harapan kita selaku oranga tua adalah mereka kelak bisa mendoakan kita serwaktu kita sudah tiada, sementara selaku penerima Amanah dari sang Pencipta kita telah menjaga dan melaksanakannya.
Namun pertanyaannya adalah :

  1. Sudahkah kita sadar bahwa anak-anak adalah Amanah yang diberikan kepada kita dari Tuhan YME?
  2. Sadarka kita bahwa Amanah itu harus dijaga dan dipertanggungjawabkan kelak ?
  3. Sadarkah kita bahwa kita memerlukan bekal kita untuk mendidik dan membesarkan mereka?
  4. Sudah cukupkah bekal kita untuk mendidik dan membesarkan mereka?
  5. Sudahkah kita memilih sekolah yang terbaik?

Seiring dengan kesibukan kita masing-2 dalam mencari dan memenuhi nafkah keluarga yang sangat kita cintai, ada sat-saat dimana kita harus berpisah jarak dan waktu dengan anak-anak kita yang sebenarnya masih sangat membutuhkan perhatian, pengertian dan didikan orang tuanya.

Maka dari itu hadirlah sebuah institusi yang disebut Sekolah yang fungsinya sesungguhnya membantu orang tua untuk memberikan perhatian, pengertian dan pendidikan bagi anak-anak, terutama pada waktu orang tua mencari nafkah dengan berbagai kesibukan kita.

Tetapi ingatlah, jangan pernah sekalipun kita lupa bahwa anak kita adalah Aset milik kita yang sangat berharga. Anak-anak kita bukan Aset sekolah. Orang tua yang mendapat Amanah dan utama dari Tuhan YME. Kita yang seharusnya menjadi Guru yang terbaik bagi mereka, sekolah adalah mitara kita dan bukan pengambil alih tanggung jawab utama dalam mendidik anak kita.

Hanya dengan perhatian, pengertian dan didikan terbaik dari orang tuanyalah anak-anak kita akan tumbuh menjadi pribadi yang tangguh, dan bersama-sama sekolah kita sedang membangun anak-anak kita mendjadi aset yang bisa kita andalkan disuatu saat kelak didunia sewaktu saat di dunia.

Apabila sewaktu-waktu kita nerasa lelah, terganggu dan jengkel oleh ulah anak kita tetaplah ingat bahwa anak-anak kita adaah amanah yang harus kita arahkan dengan penuh kesabaran dab ilmu yang memadai. Namun karena keterbatasan kita mereka harus kita titipkan kepada lembaga yang kita sebut Sekolah. Namun tidak berarti kita menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah. Sekolah hanyalah sebagai mitra kita untuk mendidiknya namun tanggung jawab sepenuhnya tetap melekat pada diri kita selaku orang tua.

Sesungguhnya mereka akan melakukan sama persis seperti apa yang telah diperlakukan pada mereka. Renungkanlah sekali lagi, anak-anak kita hanya satu kali proses menjadi dewasa mulai dari USIA EMAS (0-4th 50% potensi kecerdasanya telah berkembang 4-8th 80% dan 18th 100%)  masa-masa tersebut tidak pernah terulang kembali. Jangan sampai kita menyesal sesuadah semua terjadi.

Tidak ada komentar: