Rabu, 04 November 2009

Memilih Paket Blackberry


Terkenal handal untuk urusan email dan messaging, membuat produk BlackBerry cukup digandrungi beragam kalangan, sukses ini tentu tak bisa lepas dari peran operator selular, layanan BlackBerry amat bergantung pada kualitas jaringan internet yang diselenggarakan pihak operator. Saat ini tawaran paket jual BlackBerry terbilang gencar di promosikan. Setiap operator rasanya memberikan pilihan yang satu sama lain tak beda jauh. Berikut tips singkat memilih paket BlackBerry dari Faizal Adiputra, pengguna BlackBerry yang kini bekerja disalah satu operator CDMA nasional.

1. Selera Adalah Segalanya
Sebelum bicara paket tarif, tentukan jenis handset yang Anda inginkan. Secara garis besar ada dua jenis tipe, yakni QWERTY dan suretype. Handset terbaru, baik suretype maupun QWERTY hampir semuanya mempunyai kemampuan multimedia dan kamera dengan resolusi minimal 2 mpix. Pemilihan tergantung dengan kebutuhan dan selera masing-masing individu karena terkait sekali dengan kebiasaan serta style nya.

2. Kemudahan Navigasi
Handset QWERTY rata-rata bentuknya agak lebar dengan ketebalan beragam. Sekalipun lebar, desainnya di buat sedemikian rupa agar tetap enak di gengaman tangan. Sedangkan handset suretype bentuk nya rata-rata adalah seperti candy bar layak nya handset lain nya. Dalam handset suretype, peletakan huruf dalam satu tombol ada dua. Untuk menginput kalimat, bisa menggunakna metoda multitap (menekan beberapa kali sesuai dengan huruf yang akan di munculkan), atau dengan metode predictive input suretype. Untuk penggunaan bahasa asing, metode suretype ini sangat membantu sekali.

Bagi mereka yang mempunya kebutuhan untuk dapat melihat di layar yang lebar dan tidak masalah dengan bentuk yang agak lebar, pasti akan memilih handset tipe QWERTY, terlebih dengan metode pengetikan yang seperti layaknya keyboard computer, bisa di pastikan tidak ada masalah.

Sedangkan bagi mereka yang menginginkan keringkasan, dan tidak bermasalah untuk belajar mengetik secara suretype ataupun multitap, maka pilihan nya akan jatuh ke handset type Suretype. Di kalangan komunitas ID-BlackBerry, pengguna handset suretype sering disebut sebagai golongan Fashionista. Untuk handset terbaru, semuanya menggunakan metode navigasi trackball atau yang sering disebut pada komunitas ID-BlackBerry sebagai ”pentil”. Sedangkan handset sebelum nya menggunakan metode navigasi trackwheel.

3. Operator Penyedia, 
Pilihlah operator penyedia layanan sesuai dengan kepuasan anda

4. Paket Tarif
Untuk biaya berlangganan, hampir bisa di katakan semua operator memberikan biaya berlangganan yang sama (sekitar 150 ribu – 200 ribu per bulan). dengan biaya berlangganan tersebut diberikan akses layanan tanpa batas untuk jalur yang menggunakan APN BlackBerry.Net. Untuk akses layanan menggunakan jalur APN operator masing-masing, di berikan batasan mulai dari 50 MB. Hanya Telkomsel yang saat ini masih memberikan layanan akses jalur APN BlackBerry.Net dan APN Operator terbatas sekitar 25 MB per bulan. Selebih nya akan di kenakan tarif charging per KB.

5. Tarif Untuk Kelebihan Pemakaian
Ada baiknya juga memperhatikan tarif untuk kelebihan pemakaian data. Masing-masing operator memberikan tarif yang berbeda untuk kelebihan pemakaian data per kilobyte nya.

6. Pahami Kelebihan dan Kekurangan Tiap Operator
Masing-masing Operator mempunyai kelebihan dan kekurangan, seperti pada soal coverage dan kualitas jaringan GPRS/3G. Sehingga untuk seorang eksekutif profesional yang sangat tergantung dengan ketersediaan jaringan, sudah sepantasnya menggunakan layanan minimal dari dua operator yang berbeda untuk saling melengkapi. Misal nya, apabila ada masalah dengan operator-1, maka masih bisa menggunakan layanan dari operator-2, dan sebalik nya. Apalagi saat ini sudah tersedia layanan on demand maupun Prepaid yang bisa di gunakan sesuai dengan kebutuhan. Khusus untuk layanan corporate, selain dari jaringan operator yang bersangkutan, layanan BlackBerry juga sangat tergantung dengan jalur koneksi internet yang digunakan oleh perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar: