Senin, 04 Mei 2009

SEKILAS KEGIATAN SMA DAPENA 1












SEKILAS KEGIATAN SMA DAPENA 1

BIOTEKNOLOGI
SMA Dapena 1 mengajak siswa belajar & sekaligus mempraktekkan pembuatan bahan-bahan. Tujuannya agar siswa terampil dalam pembuatan bahan-bahan sederhana. Diharapkan kreatifitas mereka tumbuh sehingga selain belajar mereka mempunyai kegiatan yang menyenangkan & bermanfaat sehingga kelak mereka dapat lulus dan mempunyai nilai plus bagi persiapan mereka terjun dalam masyarakat.

TAE KWON DO
Selain sebagai olahraga & untuk kebugaran tubuh, ekskul Tae Kwon Do melatih siswa untuk disiplin tinggi & menumbuhkan rasa percaya diri.
Tujuannya agar dalam pergaulan remaja di masyarakat, mereka tidak mudah terpengaruh pada pergaulan yang merusakkan diri, tapi mereka dapat memilih pertemanan yang positif dan dapat lebih mengendalikan diri dalam segala situasi pergaulan.

PENGENALAN INDUSTRI PARIWISATA (HOSPITALITY INDUSTRY)
Tujuan Menambah wawasan dan pengetahuan siswa dalam mengenal dunia industry keramah tamahan yang dewasa ini sangat diperlukan dalam segala bidang pekerjaan, mengajarkan siswa mengenai masalah kepariwisataan Indonesia, sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam industry kepariwisataan, serta psikologi pelayanan jasa dalam hubungan dengan orang lain.

Harapan Siswa – siswi SMA DAPENA dapat mengenal hospitality industry , sehingga secara psikologis, sikap dan tindakan dapat bersikap, berpenampilan, bertindak dan bertutur kata dengan baik terhadap orang lain, dengan harapan secara tidak langsung dapat meningkatkan citra diri siswa tersebut pada khususnya serta citra sekolah pada umumnya

L D K S (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa)
Di lingkungan SMA Dapena 1, siswa kelas X diwajibkan mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa.
Tujuannya agar siswa yang di usia remaja biasa labil dalam emosi dan dalam pengambilan keputusan, dapat lebih tegas dan lebih mandiri, dapat bersosialisasi & dapat bekerjasama dengan baik dalam kelompok-kelompok sosial.

PEMANTAPAN IMAN
Di kelas XI, siswa lebih diperdalam masalah kerohaniannya, setelah mereka lebih stabil dalam emosi dan dalam mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidupnya. Mereka diajak untuk lebih memperdalam segi kerohanian dalam kegiatan “Pemantapan Iman”, sehingga secara spiritual mereka lebih dekat dengan Tuhan, lebih kuat imannya dan lebih siap menghadapi tantangan hidup.

STUDI REALITA
Ditingkat akhir kelas XII, siswa diajak untuk lebih mengenal lingkungan di luar sekolah, karena mereka harus disiapkan untuk menghadapi kehidupan di masyarakat luas. Mereka dapat langsung terjun dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan & pengamatan tentang lingkungan hidup, kehidupan & alam di desa menjadi menarik untuk diamati, semua ini melatih siswa untuk peka & peduli dengan masyarakat luas.

KESIMPULAN : 
Apa yang diperoleh siswa selama belajar di SMA Dapena 1 dari kelas X s/d XII sangat membantu siswa untuk dapat mengembangkan diri, bukan hanya diasah kemampuan berfikirnya (IQ) tetapi mereka dilengkapi dengan mengembangkan kemampuan emosi (EQ) & kemampuan spiritualnya (SQ). Tujuan akhirnya siswa dapat benar-benar lulus di semua segi kehidupannya (IQ , EQ , SQ).


Tidak ada komentar: